Sambutan Ketua

Salam Ganesha,

Ikatan Alumni Teknik Penerbangan ITB (IAP ITB) adalah organisasi paguyuban alumni yang relatif muda dengan usia baru satu dekade menyusul pendirian Jurusan Teknik Penerbangan ITB pada 1997. Bisa dibilang IAP adalah adik dari Ikatan Alumni Mesin ITB yang menjadi rumah besar bagi banyak alumni teknik penerbangan generasi awal sejak sub-jurusan ini dibuka di Departemen Mesin ITB pada 1962.

Sebagai organisasi yang relatif baru, IAP masih melakukan banyak pembenahan mulai dari pendataan anggota sampai penyiapan infrastrukturnya. Singkatnya, IAP berusaha menemukan formatnya yang pas. Ketika kepengurusan IAP periode 2017-2020 terpilih pada November 2017 lalu di Bandung, hal pertama yang terbayang di benak para pengurus adalah situs web. Bukan apa-apa. Situs web IAP merupakan etalasi bagi alumni Teknik Penerbangan ITB untuk memperkenalkan dirinya kepada masyarakat. Itu kalau memang ada yang berkunjung.

Maka, web yang hanya berperan sebagai etalase tidak cukup. Kami ingin mengembangkannya menjadi Portal IAP yang bisa menjadi tempat bertemu para alumni secara virtual, penyebaran informasi, dan juga lahan unjuk prestasi para alumni baik dalam dunia profesional maupun bisnis. Kita berharap Portal IAP bisa menjadi forum berbagi ilmu, termasuk bincang soal bisnis rintisan (start up). Kita cukup gembira bahwa alumni telah ikut berperan dalam perkembangan ekonomi digital, bahkan sebagian sudah ada yang memetik hasil manis dari rintisan bisnis di sektor itu.

Ada banyak rencana mengenai konten Portal IAP ini, termasuk menjadikannya rujukan paling sahih bagi publik yang ingin mengetahui mengeai informasi terkait teknologi dirgantara. Bahkan, Portal IAP mungkin bisa memberi sumbangsih bagi para pemangku kepentingan di sektor dirgantara melalui tulisan analisis.dan kajian para alumni. Tapi, setop dulu di sini.

Ikatan alumni, seperti yang terlalu sering kita lihat, biasanya identik dengan hal yang serius seperti saya tulis di atas. Apalagi ketika ada nama ITB di situ, yang sepertinya menuntut adanya kiprah berskala nasional. Bukan itu sebetulnya yang ada di benak pengurus.

Kami hanya ingin menjadikan Portal IAP sebagai tempat seluruh alumni bisa berinteraksi, agar terjalin keakraban antara alumni sepuh dengan yang masih muda, antara alumni dan para mahasiswa teknik penerbangan. Maka, media sosial akan menjadi elemen penting dari portal ini. Namun, tentu saja hal paling penting adalah segera memulai mengisi embrio Portal IAP ini, dengan konten. Sambutan ini salah satunya.

Demi Bangsa, Tuhan, dan Almamater

Ahmad Ulya

PN 95 | Ketua IAP ITB | Founder & CEO PT Voltras International