Perjalanan IAP ITB, Part 1

ditulis oleh: Hari Tjahjono

IAP ITB adalah singkatan dari Ikatan Alumni Penerbangan Institut Teknologi Bandung. Pembentukan ikatan alumni ini melewati jalan yang cukup panjang, dan tidak terlepas dari arahan dan dukungan yang luar biasa dari Prof. Oearjo Diran, pendiri sub jurusan Teknik Penerbangan ITB, yang beliau dirikan tahun 1962. Peran pak Diran sangat sentral tidak hanya dalam pendirian sub jurusan Teknik Penerbangan ITB, tetapi juga dalam pendirian ikatan alumninya.

Peran sentral pak Diran dalam mendirikan IAP ITB dimulai ketika beliau pensiun dari ITB, tahun 2007. Sebagai penghormatan atas jasa beliau yang luar biasa, ITB dan Prodi Teknik Penerbangan mengadakan acara syukuran dengan mengadakan 2 acara yang berbeda. ITB mengadakan syukuran purna bhakti di Aula Barat, sementara Prodi Teknik Penerbangan mengadakan acara yang mirip di gedung Sabuga ITB. Acara syukuran di Sabuga ITB itu dihadiri para murid-murid pak Diran, yang waktu itu belum tergabung dalam ikatan alumni yang resmi. Sambil guyon, pak Diran bilang bahwa beliau memang bukan Alumni Penerbangan ITB. Tapi beliau ingin sekali Alumni Penerbangan ITB yang tersebar kemana-mana bisa dikumpulkan, diorganisasi, sehingga potensi hebat itu bisa diberdayakan untuk kemajuan bangsa dan negara.

Selesai acara itu, besoknya saya tiba-tiba dapat e-mail yang berisi user-id dan password yang intinya meminta saya menjadi admin mailing list ikatan alumni Penerbangan ITB. Anggotanya kosong, karena itu mailing list memang baru saja dibuat. Saya langsung ingat apa yang disampaikan pak Diran sehari sebelumnya, untuk mengumpulkan alumni yang terserak kemana-mana. Tapi mesti mulai dari mana? Tapi karena ini kode keras dari pak Diran untuk membentuk ikatan alumni penerbangan, saya pun akan jalankan dengan sepenuh hati.

Pelan tapi pasti upaya untuk mengajak alumni penerbangan yang tersebar dimana-mana pun mulai saya lakukan. Dalam waktu sekitar 1 tahun, ratusan alumni pun berhasil diajak bergabung dalam mailing list yang cukup aktif itu. Pak Diran pun cukup aktif posting di milis tersebut, yang diskusinya sangat hidup dan tidak kekurangan topik.

Tahun 2018, kalau gak salah bulan Maret atau April, pak Diran pun nagih ke saya kapan ikatan alumni penerbangan akan didirikan? Saya pun minta izin untuk menggunakan rumah beliau untuk kumpul-kumpul alumni. Rumahnya besar, dan lokasinya strategis. Jadi insya Allah bisa mengumpulkan alumni dalam jumlah yang cukup representatif untuk mendirikan ikatan alumni Penerbangan ITB. (Bersambung)

Hari Tjahjono

Hari Tjahjono

Teknik Penerbangan '84 Co-Founder PT Abyor International Chairman Indoglobit Association

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *